Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

Praja IPDN Berpartisipasi dalam Mengembangkkan WEBDESAKU di desa Cijantung

Cijantung, 17 September 2023 - BKP yang dilaksanakan oleh Praja IPDN setiap tahunnya akan dilaksanakan di berbagai daerah yang berbeda. Dan kali ini BKP yang dilaksanakan di Purwakarta, Kecamatan Sukatani yang lebih tepatnya berlangsung di Desa Cijantung. Dengan Maksud pelaksanaan BKP ini merupakan betuk pengabdian kepada masyarakat dengan berbasis digitalisasi. Sehingga kampus memberikan tugas bagi praja IPDN untuk turut berpartisipasi dalam proses mengembangkan WEBDESAKU di Desa Cijantung.  Apa itu WEBDESAKU ? Webdesaku adalah website resmi pemerintah Purwakarta, yang dibuat dengan maksud untuk mempermudah proses pelayanan kepada masyarakat kabupaten Purwakarta dengan berbasis digitalisasi, sehingga dalam proses pelayanan nantinya dapat terlaksana dengan baik dan lebih transparan. Hal ini juga sebagaimana yang telah di ungkapkan oleh Ida, disela Launching Webdesaku di Bale Yudhistira, Komplek Pemkab Purwakarta tahun 2021 lalu. "Webdesaku adalah branding website resmi untuk 183 desa di Kabupaten Purwakarta. Website ini dibuat oleh Diskominfo bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selaku pembina perangkat Desa dan Bumdes, Bapenda Purwakarta, Bapenda Jawa Barat dan BJB,"  Tugas Praja IPDN dalam Mengembangkan WEBDESAKU Kemudian yang menjadi tugas Praja IPDN dalam BKP kali ini adalah  Mengelola e-commerce Mengelola Profile Desa Mengelola Berita Demikian yang menjadi fokus pelaksanaan BKP kali ini, sehingga dengan adanya 9 Praja yang dibagi tiap desa untuk melaksanakan BKP di Desa Cijantung. Praja yang ada tersebut untuk mengembangkan WEBDESAKU dengan melaksanakan kegiatan seperti survey ke RT dan RW, mendata UMKM dan produk-produknya, serta mengisi website perhari dengan artikel mengenai pelaksanaan kegiatan BKP atau berita lainnya.

Memeriahkan Kejuaraan Voli Camat Cup di Kecamatan Sukatani Bersama Praja IPDN

Kejuaraan voli Camat Cup yang biasa dilaksanakan setiap tahun di Kecamatan Sukatani tahun ini ada yang berbeda dari yang sebelumnya karena terdapat peserta baru yang ikut memeriahkan kejuaraan tersebut yaitu Praja IPDN yang sedang melaksanakan BKP di Kecamatan Sukatani. Praja IPDN membentuk tim perwakilan yang berisi setiap praja yang melaksanakan BKP di desa-desa Kecamatan Sukatani. Pembukaan kejuaraan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 September 2023 dimulai dengan laga persahabatan antara perwakilan Praja IPDN melawan Official kejuaraan voli yang dimulai jam 8 pagi di lapangan voli Kecamatan Sukatani. Partisipasi masyarakat yang baik dan antusias dari seluruh desa di kecamatan Sukatani, dengan ketentuan masing-masing desa diperbolehkan untuk mengirim perwakilan lebih dari satu tim. Dengan maksud dari adanya kejuaraan ini selain untuk mengasah kemampuan di bidang olahraga sekaligus merupakan ajang silaturahmi antar warga desa maupun dengan unsur pemerintahan kecamatan Sukatani.  Kejuaraan ini juga telah berlangsung selama tiga hari dari tanggal 9-11 September 2023 dimana hari terakhir akan di laksanakannya pertandingan final.

Praja IPDN Pamit Undur Diri Dari Desa Cijantung

Cijantung, 16 September 2023 - Tak terasa hampir genap sudah bhakti karya praja IPDN di kabupaten Purwakarta. Dimulai dari kedatang para praja pada tanggal 05 September 2023 ke kabupaten Purwakarta, yang kemudian disebar hampir ke tiap desa salah satunya desa Cijantung. Dua minggu merupakan waktu yang singkat untuk diisi oleh praja IPDN dalam rangka mengabdi ke masyarakat. Sebelum berpamit kembali ke kampus IPDN Jatinangor, para praja IPDN menyerahkan benda kenangan sebagai tanda perpisahan dan pengingat kepada desa Cijantung. Hari Jumat tanggal 16 September berlokasi di kantor desa Cijantung bersama para perangkat desa, para praja melakukan serah terima. Berharap bahwa hubungan yang erat antara Praja IPDN dan masyarakat Desa Cijantung akan terus berlanjut. Dirinya menyatakan, "Kami berharap bahwa semangat digitalisasi dan kemauan untuk maju yang telah terjalin akan memunculkan perubahan positif yang berkelanjutan di Desa Cijantung. Penyerahan benda kenangan ini tidak hanya menandai berakhirnya Bhakti Karya Praja, tetapi juga mengingatkan pada pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan di tingkat lokal Setiap datang pasti ada pergi, setiap awal pasti ada akhir, dan setiap temu pasti ada pisah. 12 hari lalu kami menginjakan kaki ke desa ini sebagai mahasiswa kkn, tapi hari ini kami meninggalkan desa ini dengan penuh bangga sebagai bagian dari desa Cijantung.   

PRAJA IPDN MENGENAL POTENSI UMKM DESA CIJANTUNG

Cijantung, 15 September 2023 Ali agrem adalah makanan tradisional khas Sunda yang berasal dari Karawang. Ali agrem atau disebut kue cincin ini terbuat olahan tepung beras dan dibentuk seperti donat kecil. Ali agrem punya rasa manis yang legit, lembut di dalam, dan krispi di luar. Ali agrem sering ditemukan sebagai jajanan oleh-oleh atau camilan untuk keluarga. Jika penasaran dengan makanan satu ini, kamu bisa membuatnya dirumah, karena bahan dan pembuatannya sangat sederhana. Berikut Bahan-Bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan kue ali agrem. Bahan-Bahan 150 ml air 150 g gula merah, sisir 3 sdm gula pasir ¼ sdt garam 250 tepung beras 100 g kelapa parut, sangrai minyak goreng Cara Pembuatan : Rebus air, gula merah, gula pasir, dan garam hingga gula larut. Angkat, saring. Selagi panas, segera tuang larutan gula ke dalam mangkuk berisi tepung beras dan kelapa parut, aduk hingga licin. Tutup adonan dengan plastik wrap, diamkan selama ±2 jam hingga adonan memadat dan bisa dibentuk. Ambil 1 sdm adonan, pipihkan di atas telapak tangan hingga setipis 3 mm. Lubangi bagian tengahnya hingga berbentuk seperti cincin. Segera goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengembang dan kecokelatan. Angkat, tiriskan. Sajikan segera. Di Desa Cijantung pun terdapat salah seorang yang mengembangkan UMKM nya di bidang kuliner, yakni Ali Agrem. Para Praja IPDN datang langsung ke rumah tempat produksi kue ini, dan dari wawancara yang dilakukan oleh sekelompok Praja tersebut. Bahwa orang yang memproduksi kue ini masih terbatas, karena keterbatasan biaya dan tenaga kerja. Maka dari itu diharapkan pemerintah kabupaten purwakarta lebih memberdayakan UMKM di desa-desa yang ada, guna menambah pendapatan desa dan bisa dijadikan sebagai makanan ikonik di purwakarta.

Silaturahmi Memperkuat Persaudaraan

Kegiatan Bakti Karya Praja yang dilakukan oleh Praja Utama IPDN di Kabupaten Purwakarta. BKP ini tersebar di desa-desa yang berada pada Kabupaten Purwakarta. Salah satunya Desa Cijantung yang berada di Kecamatan Sukatani. Kegiatan BKP ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat di Desa Cijantung sekaligus mengenal mengenai lingkungan yang ada di Desa Cijantung.